Company profile adalah gambaran umum tentang perusahaan dan umumnya bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada audiens terkait produk atau layanan yang ditawarkan.
Selain itu, company profile juga biasanya berisi tentang sejarah perusahaan, visi-misi, serta memberi tahu keunggulan perusahaan agar audiens tertarik untuk mencoba produk dan layanan mereka.
Secara singkat, company profile bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang keberadaan sebuah perusahaan secara detail. Dengan demikian, ia dapat meningkatkan kesadaran pelanggan pelanggan terhadap sebuah perusahaan.
Selain itu, company profile juga sangat penting dalam menarik perhatian investor. Tanpa adanya company profile yang jelas, investor tidak akan tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut.
Fungsi Company Profile bagi Perusahaan
Perusahaan yang benar-benar serius dalam menjalankan bisnis pasti akan membuat company profile sebagus mungkin. Berikut adalah tiga fungsi company profile bagi perusahaan:
Sebagai Gambaran Umum tentang Perusahaan
Company profile adalah sarana bagi setiap perusahaan untuk bercerita tentang apa dan siapa mereka, sejarah berdirinya perusahaan tersebut, visi dan misi yang mereka usung, serta produk atau layanan yang mereka tawarkan.
Sebagai Media Branding dan Publikasi
Company profile merupakan media bagi audiens untuk mengenal perusahaan lebih baik. Hal-hal yang dicantumkan pada company profile harus mampu menunjukkan kelebihan dari produk atau layanan yang ditawarkan.
Maka dari itu, sebaiknya buat company profile berdasarkan sudut pandang audiens dan menyesuaikan dengan target pasar.
Sebagai Strategi Pemasaran
Company profile yang dibuat dengan sungguh-sungguh akan mampu menarik perhatian calon pelanggan sehingga mereka mau mengenal lebih jauh tentang perusahaan dan produk atau layanan yang mereka tawarkan.
Hal ini tentu saja akan mendorong pertumbuhan bisnis bagi perusahaan itu sendiri. Company profile sebagai alat pemasaran juga bisa meningkatkan nilai-nilai positif perusahaan di mata calon konsumen.
Caranya ialah dengan memasukkan kelebihan, kapasitas, dan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan jika dibandingkan dengan kompetitornya.
Mengapa Perlu Membuat Company Profile?
Membuat company profile menjadi salah satu bagian terpenting dalam perkembangan perusahaan. Mengapa demikian?
- Mengkomunikasikan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Membuat company profile dapat menekankan budaya positif dan nilai-nilai yang kuat milik perusahaan untuk membantu menarik minat calon investor.
- Meningkatkan citra perusahaan. Company profile yang kuat dapat memberikan citra yang positif bagi perusahaan di mata publik, khususnya target pasar yang dibidik.
- Mempercepat pertumbuhan bisnis. Company profile dapat berfungsi sebagai rencana dan strategi bisnis untuk mengembangkan operasional bisnis dan meningkatkan keuntungan yang diraih.
Apa saja Isi Company Profile?
Untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada calon pelanggan, penting bagi anda untuk membuat company profile sebaik mungkin. Ia juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran efektif untuk menarik minat investor.
Lantas, apa saja isi company profile? Berikut 7 informasi yang wajib dicantumkan saat membuat company profile:
Cover Depan dan Daftar Isi
Cover depan yang menarik dapat memicu rasa penasaran audiens untuk membaca isinya. Maka dari itu, perhatikan dua hal berikut saat mendesain cover depan:
- Pastikan cover mampu mencuri perhatian. Cover sebuah company profile harus bisa menarik perhatian audiens. Akan tetapi disaat bersamaan ia harus cukup informatif untuk memberi gambaran tentang perusahaan. Anda bisa gunakan gambar yang menarik untuk diletakkan pada cover, atau gunakan desain tampilan yang bersih dan minimalis.
- Tambahkan logo dan slogan perusahaan. Menambahkan logo perusahaan pada cover company profile adalah wajib, sedangkan slogan opsional. Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan ukuran logo perusahaan pas. Tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
Sedangkan daftar isi wajib ada dalam company profile untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang mereka cari. Misalnya bagian tentang perusahaan, produk / layanan, informasi kontak, dan sebagainya.
Jangan sampai audiens kebingungan mencari informasi yang ingin mereka ketahui karena tidak adanya daftar isi.
Tentang / Sejarah Perusahaan
Disamping desain yang mencuri perhatian, sebuah company profile harus bisa bercerita tentang perusahaan tersebut. Buat narasi yang menarik dimulai dari bagaimana perusahaan berdiri, apa saja pencapaian perusahaan, bahkan rencana perkembangan di masa depan.
Selain itu, tambahkan pula informasi mengenai para pendiri perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan berbagai informasi lainnya. Itu semua penting untuk ditampilkan dalam company profile untuk memperkaya pengetahuan para pembaca.
Visi dan Misi Perusahaan
Visi adalah gambaran mengenai cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sedangkan misi adalah upaya, cara, dan strategi yang dilakukan untuk dapat meraih visi itu tadi.
Mereka berdua adalah landasan dalam mendirikan perusahaan. Saran kami, gunakan gambar inspiratif yang relevan dengan visi, misi, dan bidang industri perusahaan untuk mencerminkan tujuan dan keyakinan perusahaan anda.
Produk / Layanan Perusahaan dan Portfolio
Ini adalah bagian inti dari sebuah company profile. Kebanyakan calon pelanggan akan berfokus membaca bagian produk atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan.
Sebaiknya, tambahkan rincian mengenai produk atau layanan yang anda pasarkan, lengkap dengan foto atau gambar. Bila produk atau layanan tergolong banyak, cukup berikan gambaran umum saja.
Selain itu, memasukkan portfolio adalah sebuah keharusan, khususnya bagi perusahaan yang bergerak di bidang layanan. Portfolio menampilkan hasil kerja dan kemampuan perusahaan anda.
Sertakan keterangan singkat dan informatif dalam setiap portfolio, misalnya nama klien, jenis layanan, deskripsi pekerjaan, tahun, dan lain-lain. Tambahkan pula gambar berkualitas tinggi untuk melengkapi setiap portfolio.
Agar lebih rapi dan memudahkan pelanggan melakukan navigasi, susun portfolio secara alfabetis atau kronologis. Atau jika anda menawarkan lebih dari satu layanan, bagi portfolio per kategori juga merupakan ide yang bagus.
Kelebihan / Alasan Memilih Perusahaan
Tulis semua kelebihan yang menonjol dari perusahaan anda, jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Ceritakan apa saja hal-hal yang bisa membuat calon pelanggan tertarik untuk menggunakan produk atau layanan anda.
Misalnya, apa karena adanya jaminan kualitas? Apakah perusahaan anda merupakan pionir dan yang pertama kali memproduksi produk atau layanan seperti itu? Atau karena ia menggunakan teknologi ramah lingkungan? Tulis saja!
Daftar Klien dan Testimoni Pelanggan
Berkaitan dengan portfolio, tulis pengalaman perusahaan anda jika ia pernah bekerja sama dengan klien-klien kenamaan. Menampilkan klien-klien besar pada company profule dapat membangun reputasi dan kepercayaan calon pelanggan.
Jika perlu, tambahkan testimoni dari klien-klien tersebut setelah menggunakan produk atau layanan perusahaan anda. Namun patut diingat dalam menampilkan testimoni pelanggan, cukup tuliskan testimoni dari orang-orang berpengaruh.
Misalnya petinggi perusahaan, orang-orang populer, serta mereka yang memiliki karakteristik setipe dengan target pasar yang dibidik.
Cover Belakang dan Informasi Kontak
Sering dianggap remeh, padahal cover belakang sama pentingnya dengan cover depan. Cover belakang adalah tempat untuk menampilkan informasi kontak perusahaan anda.
Audiens yang tertarik dengan produk atau layanan milik perusahaan anda perlu tahu bagaimana caranya menghubungi anda. Maka dari itu, tulis informasi kontak selengkap mungkin.
Informasi kontak yang wajib dicantumkan pada company profile yaitu:
- Alamat perusahaan;
- Nomor telepon;
- Alamat email;
- URL website;
- Akun media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Linkedln, dll.),
- QR code jika perlu, agar calon pelanggan bisa menghubungi anda secara langsung tanpa harus mengetik nomor atau alamat email.
Seperti Apa Company Profile yang Baik?
Hal yang perlu diketahui dalam membuat company profile yang baik adalah memastikan bahwa ia memiliki kriteria sebagai berikut:
- Desain yang menarik dan profesional. Gunakan kombinasi warna, tipografi, dan elemen-elemen desain lain yang sesuai dengan logo dan branding perusahaan untuk memperkuat kesan elegan dan profesional.
- Isi company profile yang singkat, padat, dan jelas. Penulisan isi dan susunan company profile lebih baik diserahkan pada copywriter profesional yang telah berpengalaman dalam menulis company profile.
- Cantumkan poin-poin penting. Company profile yang baik wajib mencantunkan poin-poin penting berkaitan dengan informasi perusahaan sehingga bisa digunakan sebagai rujukan yang kredibel.
- Gunakan media tayang yang berkualitas. Jika ingin menampilkan company profile pada website, pastikan anda menggunakan jasa pengembang website profesional. Sedangkan company profile dalam bentuk cetak sebaiknya menggunakan material dan bahan cetak berkualitas.
- Manfaatkan foto, gambar, atau ilustrasi. Selain terlihat menarik, menggunakan foto, gambar, dan ilustrasi pada company profile dapat membantu menjelaskan informasi-informasi yang ada.